Selasa, 21 Maret 2017

SISTEM AC (Kompresor, Kondenser, Dryer)

Kompresor merupakan salah satu unit dari sistem  AC pada kendaraan

SISTEM AC (Kompresor, Kondenser, Dryer)

Apa itu Kompresor, Kondenser, dan Dryer pada Sistem AC...???

Problem .....?????

  1. Kenapa ketika AC dalam kondisi hidup tapi tidak dingin?
  2. Apabila cooler sedang bekerja maka sebagian oli akan keluar bersama dengan refrigerant dan bersirkulasi dalam siklus pendingin, akan tetapi apa akibatnya jika oli yang keluar terlalu sedikit atau berlebihan?
  3. Apa peyebab AC mobil kurang dingin? 
  4. Apa penyebab sering terjadinya penyumbatan serta kerusakan (korosi) di beberapa kompenen system AC?

PENJELASAN

Kompresor


Kompresor adalah pompa untuk menaikkan tekanan Refrigerant.
Energi mekanik pada motor penggerak dirubah menjadi energi pneumatis oleh kompresor, sehingga zat pendingin beredar dalam instalasi sistem AC.
Peran Kompresor sangatlah penting, contoh : ketika AC mobil dalam keadaan hidup namun tetap tidak bekerja dengan semestinya.

Maka penyebab AC tidak dingin sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti adanya kerusakan pada kompresor, sekring, magnetic cludt, penyumbatan pada filter dryer, dan evaporator.

Oli Kompresor

Oli kompresor diperlukan untuk melumasi bantalan-bantalan kompresor dan permukaan yang bergesekan
Oli yang disarankan:
  1. Kompresor tipe CrankShaft : DENSOOIL 6 atau SUNISO No. 5GS
  2. Kompresor tipe Swash Plate : DENSOOIL 6 atau SUNISU No. 5GS
  3. Kompresor tipe Trough Vane : DENSOOIL 7
Apabila cooler sedang bekerja, sebagian oli keluar bersama dengan refrigerant dan bersirkulasi dalam siklus pendingin.
Penambahan Oli:
  1. Bila Receiver diganti : 20 cc
  2. Bila Condenser diganti : 40-50 cc
  3. Bila Evaporator diganti : 40-50 cc
Bila jumlah oli yang keluar dari kompresor sedikit :
  1. Tidak akan merugikan bahkan memperbaiki pelumasan katup

Bila jumlah oli yang keluar dari kompresor banyak/berlebih:
  1. Kebutuhan oli di crankcase menjad berkurang sehingga pelumasan tidak berlangsung dengan sempurna dan menyebabkan kompresor terbakar.
  2. Oli yang bersirkulasi dengan refrigerant selalu tidak konstan sehingga oli berkumpul di dalam evaporator dan ini mengakibatkan tiba-tiba kembali dalam jumlah besar ke kompresor

Condenser

Kondensor atau condenser pada Ac mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac.
Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair. (Tekanan gas yang tinggi secara alami mampu mengubah gas kembali menjadi cair

AC mobil yang kurang dingin dapat disebabkan salah satunya karena bermasalahnya pada bagian Kondenser.
Coba lihat bagian kondensor apakah tertutup oleh benda lain ataukah tidak. Hal ini bisa saja terjadi karena benda lain seperti plastik bisa menyebabkan kondensor tidak maksimal melepaskan kalor refrigant yang berasal dari kompresor.


Receiver / Dryer

Dryer berfungsi untuk menampung sementara refrigerant yang telah menjadi cair oleh Condenser untuk kemudian mensuplainya sesuai dengan beban pendingingan
Dryer berfungsi untuk membersihkan dari kotoran dan uap air yang merugikan bagi siklus refrigerant.

Sight Glass

Sight glass berfungsi sebagai penunjuk fase dan uap air dari bahan pendingin yang diletakkan setelah filter dryer. Jika dalam sighglass terdapat gelembung, maka dalam sistem terdapat uap air yang tidak tersaring di filter dryer, jika sighglass terlihat jernih maka bahan pendingin berfase cair

Jika tidak ada Filter Dryer, maka:
  1. Uap air di dalam sistem dapat membeku dan membuat sistem menjadi buntu.
  2. Uap air akan bereaksi dengan bahan pendingin dan minyak pelumas kompresor membentuk asam dan menyebabkan korosi.
  3. Air dan asam dapat merusak minyak kompresor, membentuk endapan yang dapat membuat buntu sistem serta merusak kompresor.


Terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon