Selasa, 01 Agustus 2017

Dasar-dasar Engine

 Dasar-dasar Engine

Engine
Engine

Dasar-dasar Engine

Engine (Mesin) adalah gabungan dari alat-alat atau komponen yang bergerak (DINAMIS) dan alat-alat atau komponen yang tidak bergerak (STATIS) yang bekerjasama untuk menghasilkan energy gerak dari proses pembakaran bahan bakar (memiliki kemampuan untuk merubah energy panas menjadi energy gerak).

A. Pembagian Engine Ditinjau dari Proses Pembakaran Energi

  1. External Combustion Engine (Mesin Pembakaran Luar) ialah mesin yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi diluar engine, biasanya digunakan untuk mesin uap (Steam Engine)
  2. Internal Combustion Engine (Mesin Pembakaran Dalam) ialah mesin yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi didalam engine itu sendiri.

B. Internal Combustion Engine (Mesin Pembakaran Dalam) dalam TKRO, diklasifikasikan menjadi: Engine 2 Takt Engine 4 Takt

1. Engine 4 Takt

Adalah Engine (Mesin) yang membutuhkan 4 langkah piston atau 2 putaran crankshaft (poros engkol) untuk menghasilkan usaha
Motor Bensin 4 Takt
Motor Bensin 4 Takt

a. Intake Stroke (Langkah Isap)

  •          Piston bergerak dari TMA menuju ke TMB
  •          Katup isap membuka katup buang menutup
  •          Gerakan piston ke tmb menyebabkan tekanan dalam silinder < tekanan udara luar, maka gas baru masuk ke dalam silinder
  •          Piston mencapai TMB katup isap menutup
  •          Langkah isap (intake stroke) selesai

 b. Compression Stroke (Langkah Kompresi)

  •         Piston bergerak dari TMB ke TMA
  •         Kedua katub menutup
  •         Gerakan piston ke tma menyebabkan gas baru dimampatkan akhir kompresi tekanan gas naik, tempaeraturnya juga naik beberapa derajad menjelang tma terjadi loncatan bunga api pada busi, terjadilah peristiwa pembakaran

 c. Expansion Stroke (Langkah Usaha)

  •          Akibat peristiwa pembakaran terjadi kenaikan tekanan dan temperatur gas dalam silinder, kemudia mendesak piston bergerak dari TMA ke TMB
  •          Kedua katub menutup
  •          Karena expansi maka tekanan dan temperatur gas turun, diperoleh daya motor 

 d. Exhaust Stroke (Langkah Buang)

  •          Piston bergerak dari TMB ke TMA
  •          Katub isap menutup katub buang membuka
  •          Gas bekas terdesak oleh gerakan piston keluar melalui katup buang yang membuka ke udara luar, melalui saluran buang

2. Engine 2 Takt

Adalah engine (mesin) yang membutuhkan 2 langkah piston atau 1 putaran crankshaft (poros 
engkol) untuk menghasilkan usaha
Motor Bensin 2 Takt
Motor Bensin 2 Takt
  •          Piston bergerak dari TMB ke TMA terjadi: Pemasukan gas baru, Pembilasan, Kompresi
  •          Piston bergerak dari TMA ke TMB terjadi: Langkah usaha, Exhaust blow down, Pembilasan, Pemasukan gas baru

a. Langkah Pembilasan

  •          Piston berada di TMA, kedua lubang bilas dan buang membuka gas baru yang mempunyai tek > tekanan gas bekas dalam silinder mendesak gas bekas keluar (pembilasan)

b. Compression Stroke (Langkah Kompresi)

  •          Gas baru yang masuk silinder pada saat pembilasan dimanpatkan oleh gerakan piston menuju ke TMA. Ruang bak engkol tekanan < dari udara luar terjadi aliran gas baru masuk ke ruang bak engkol
  •          Akhir kompresi terjadi loncatan bunga api listrik pada busi terjadilah peristiwa pembakaran gas

c. Expansion Stroke (Langkah Usaha)

  •          Akibat peristiwa pembakaran terjadilah kenaikan temperatur dan tekanan gas
  •          Gas yang bertekanan tinggi mendesak piston bergerak ke TMB
  •          Lubang buang terbuka lebih dahulu terjadilah aliran gas bekas keluar dari silinder dengan kecepatan yang tinggi dan mengakibatkan tekanan gas bekas dalam silinder hampir sama dengan tekanan udara luar.

d. Exhaust Blow Down

  •          Gerakan piston ke TMB akan membuka pintu buang
  •          Begitu pintu buang terbuka gas bekas akan keluar dengan aliran yang sangat tinggi
  •          Tekanan gas yang ada di dalam silinder turun hingga sama atau  mendekati tekanan atmosfir
  •          Exhaust blow down terjadi sampai pintu bilas terbuka.

e. Langkah Pembilasan

  •          Pintu bilas terbuka terjadi aliran gas baru masuk ke dalam silinder dengan tekanan > tekanan gas bekas
  •          Gas bekas terdesak keluar dari silinder melalui saluran buang

f. Pengisian Gas Baru

  •          Piston bergerak ke TMA, ruang di bawah piston makin besar sehingga tekanan turun < tekanan atmosfir
  •          Katub membuka gas baru masuk ke dalam ruang di bawah piston
Untuk selengkapnya, silahkan download link nya dibawah ini:

Terima kasih banyak atas kunjungannya,,,....


EmoticonEmoticon